Mengapa mata menangis sa'at mengiris bawang?

17:53 0 Comments



Bagi para ahli dapur mungkin sudah terbiasa saat mengiris bawang suka menangis, atau bahkan matanya udah pada kebal sehingga ga dapat menangis lagi ( anti galau ).
Pertanyaan mendasar, mengapa hal tersebut terjadi?
Ada beberapa kemungkinan kalian menangis sa'at mengiris bawang:

1. Lagi G a l a u.
2. Gagal MoveOn.
3. Mungkin pas ngiris bawangnya malah tangan yang teriris ( karena melihat penulis lewat ).

Ehh jangan marah yaa, santai dong namanya juga blog santai, tenang tak jelasin deh alasan mata menangis saat mengiris bawang.



Pada bawang, baik itu bawang merah, bawang putih, bawang bombay, dan bawang2 lainnya terdapat senyawa sulfur. Pada saat kita mengiris bawang, senyawa bersulfur yang terkandung dalam bawang akan bereaksi dengan suatu enzim sehingga menghasilkan asam sulfenat. Asam sulfenat bersifat tidak stabil, sehingga dengan cepat akan berubah menjadi senyawa lain yang lebih stabil, yaitu propanetiol S-oksida yang mudah menguap. Senyawa yang menguap ini kemudian berinteraksi dengan mata kita dan membentuk asam sulfur. Asam sulfur bersifat mengiritasi mata, sehingga mata kita akan terasa perih dan menjadi kemerahan. Sebagai perlindungan terhadap mata, maka mata akan memproduksi air mata untuk membantu mengeluarkan senyawa yang mengiritasi mata itu. Iritasi ini akan segera hilang setelah kontak dengan bawang dihentikan.

Namun, setelah irisan bawang tadi digoreng, maka tidak akan menyebabkan iritasi pada mata lagi karena enzim yang digunakan untuk memproduksi senyawa asam sulfenat tadi menjadi rusak setelah dimasak.

Setelah tau alasannya, terus pertanyaan kedua muncul "Bagaimana solusinya?"
Langsung saja ini solusi agar mata tidak pedih saat mengiris bawang :

- Dinginkan bawang merah
 Mengiris bawang merah tak akan membuat kita mengeluarkan air mata lagi bila bawang sudah didingikan dalam freezer sekitar 15-20 menit. Karena enzim dari bawang telah dilepaskan oleh udara. 

- Tidak memotong akar bawang
Hindari memotong akar bawang agar mata anda tidak berair, gunakan cara memotong dadu  ala para cheft tanpa mengenai akar bawang, cara inilebih efektif dan dapat menghemat waktu anda.

- Rendam bawang dalam air
Irislah bawang yang sudah direndam dalam air es. Karena dengan cara ini bisa melarutkan zat yang membuat mata Anda menangis. 

- Bantuan Kipas Angin
Memotong bawang dengan dibantu kipas angin bertujuan agar senyawa tadi tidak menguap dan membuat iritasi pada mata, jadi kipas angin membantu menetralisir udara.

Nah, sekarang sudah tahu kan alasannya, dan sekalian solusi mengatasinya :D
silahkan dicoba ya.!

Some say he’s half man half fish, others say he’s more of a seventy/thirty split. Either way he’s a fishy bastard.

0 comments: